Tips Mengerjakan Tugas Akhir

Rekan mahasiswa yang luar biasa, saya punya beberapa Tips Mengerjakan Tugas Akhir, Tip ini didapat dari analisis saya yang bersumber dari beberapa pengalaman pribadi dan temen2 yang saya temui saat mengerjakan TA.

1. Pertama saat memilih Judul TA

– Berdoa Kepada ALLAH SWT, dan jangan pernah menyerah…

– Dari pengalaman pribadi TA lebih enak jika diberi atau meminta judul dari dosen pembimbing karena kesempatan lolos atau diterima panitia lebih besar sekitar 90%. Dosen biasanya lebih tahu tentang kemampuan mahasiswanya (biasakan untuk aktif di lab, kalau bisa Divisi)

– Jika terpaksa memilih sendiri judul yang akan dikerjakan:

  • Kenali kemampuan diri, ini penting karena kemampuan diri seseorang berbeda dengan yang lain, jangan ikut2 rekan yang dilihat TAnya menarik atau mudah tapi kita tidak punya dasarnya.(banyak refensi TA dari Perlombaan yg pasti diterima atau dari Industri, sering update ajah…)
  • Kalau sudah kenal diri sendiri, saatnya meluncur ke Internet yang sak abrek judul2nya atau ke Perpus Unikom (rak Tekom dan Elektro), kalau masih tidak cocok bisa ke Perpus ITB, Polban atau yang lainya, banyak lah pokonya. pasti akan bingung milih judul yang sak abrek tadi, nah disini kita bisa sorting yang sebidang dengan ilmu dan keahlian, keduanya Tingkat kesulitan dan  ketiga Biaya.
  • Ambil beberapa judul kemudian diskusikan minimal tanya dulu pada teman yang dianggap dipercaya “keilmuannya”, jika sudah mantap baru tanyakan kepada dosen yang paling enak diajak diskusi/curhat (pilih yg sesuai bidangnya
  • Sudah MANTAPPP…??? Buat Proposalnya, liat panduannya saja, tapi harus di INGAT jangan COPY PASTE dari proposal orang karena akan menyulitkan saat presentasi. Lebih baik diketik dan dipahami apa yang akan dibuat nanti.

2. Pengerjaan TA

Jangan lengah ya, mentang2 sudah diterima proposalnya jadi kendor semangatnya…
Biasanya kalau sudah diterima proposalnya rekan2 itu sering santai tidak lekas bimbingan tahu rasa nanti akhirnya…^^, untuk itu perlu persiapan:

  • Niatkan untuk lulus 1 SEMESTER saja, ini penting karena kemalasan seseorang akan membuat TA nya terabaikan
  • Kalo sudah ada niat maka langsung temui Dosen pembimbing yang ditunjuk sambil bawa surat ketersediaan bimbingan(minta ke Sekjur) kemudian atur jadwal bimbingan, minimal 4X bimbingan baru bisa ikut seminar 1 dan jangan lupa buat jadwal pribadi untuk pengerjaan TA nya..
  • Kalo sudah ada jadwal lalu cari tempat untuk Stay disitu,( enak kalo anak lab, makanya jadi asisten lab ya atau paling tidak kecengein anak asisten itu,hehe…. berteman saja sudah cukup) tapi biasanya dosen pembimbing mengijinkan mahasiswa untuk mengerjakan di lab praktikum.
  • mengerjakan di lab akan lebih terbantu dari segi peralatan, komponen, informasi dan juga bantuan teman2 tentunya untuk mencari ide dan memecahkan masalah….
  • Kurangi nonton, jalan2, FB_an, ngeBlog kl yang punya, Pacaran kalo yang laku, dan jangan MALLASSSSS intinya…

Bahwasanya mebuat TA di Tekom khususnya tidaklah MUDAH tapi juga tidaklah seSULIT yang mahasiswa bayangkan. intinya Percaya pada ALLAH yang memiliki segalanya, ow ya pilih pembimbing yang TEGAS tapi PERHATIAN, bisa dipilih pas konsultasi pertama pengajuan proposal). “Entah mengapa setiap orang dapat mengeluarkan kemampuan lebihnya saat dia dalam keadaan tertekan”

Semoga bermanfaat dan TAnya cepat selesai, Aamiin….

Bersambung “Tips seminar”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s