Robot Mecanum Wheel

Robot mecanum WHeel meiliki keunikan tersendiri,

dengan roadanya yg bebjumlah 4 buah, mecanum wheel memiliki kelebihan dalam system nafigasi terutama jika digunakan untuk menyelesaikan rintangan berbentuk dinding labirin.
sedikit berbeda dengan robot omni wheel, dimana omni wheel pemasangan rodannya harus simetris dan saling berhadapan, sementara pada mecanum wheel pemasangan persis seperti mobil biasa. Bentuk roda luar yang hampir mirip bentuk diagonal menyebabkan pembentukan arah pergerakan robot, tergantung bagian roda robot mana yang berputar.

gambar disamping merupakan contoh dari roda yang dipakai dalam robot mecanum wheel

untuk menentukan arah pergerakan robot maka perlu melakukan pemrograman robot kemudian menset putaran roda pada robot tersebut, misalkan untuk bergeser ke arah kiri atau kanan maka perlu perbedaan arah putaran motor baik bagian depan atau bagian belakang, gambar arah pergerakan robot mecanum sebagai berikut:

menggunakan mecanum wheel memang lebih bagus dan menarik, tapi perlu diingat adalah konsumsi daya akan lebih besar karena menggunakan 4 buah motor, selain itu, cost yang di keluarkan juga akan semakin bertambah, jadi dipikir-pikir lagi kalo mau buat robot mecanum wheel ya… ^^

mecanum wheel robo2

ini adalah gambar sketsa perbedaan antara omni wheel dan mecanum wheel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s