Robot Omni wheel

Bicara masalah robot tentu sangatlah menarik sekali, teknologi satu ini benar-benar luar biasa dan sedang digandrungi banyak kalangan dari level anak-anak sampai dewasa. sekarang ini banyak ditemukan tempat-tempat kursus robotik yang mengajarkan pesertanya pemahaman mengenai dasar-dasar robotik hingga cara merakit dan memprogramnya. Banyak sekali jenis-jenis robot yang di buat atau dikembangkan oleh para peneliti.

1.Robot non-programming atau robot yang dapat bergerak tanpa adanya sistem mikroprosesor yang mengotrol robot tersebut melalui program yang tertanam didalamnya, robot jenis ini biasanya hanya terdiri dari rangkain logic elektronik yang dirancang sedemikian rupa untuk dapat mengerakkan robot tersebut sesuai kondisi lingkuangan yang di siapkan secara khusus.

2. Robot Programming, robot ini memiliki sebuah otak pengendali atau chip mikroprosesor yang mengendalikan robot tersebut sesuai keinginan, robot ini dapat di kendalikan secara otomatis maupun manual sesuai program yang ditanamkan dalam mikroprosesor tersebut.

Banyak sekali jenis robot programming, diantaranya robot Humanoid, UAV, Mobile robot, dll.., disini akan sedikit kita bahas mengenai Mobile robot. dimana mobile robot ini biasanya diperuntukan untuk kompetisi karena memiliki desain yang relatif mudah dan dapat dikembangkan sesuai keinginan dan studi kasus yang ingin diselesaikan.

Dalam banyak kasus mobile robot biasanya bergerak mengikuti sebuah jalur khusus yang disediakan, dapat berupa garis ataupun dinding, tentu apabila berbeda jalur yang digunakan maka desain dari robot tersebut akan berbeda pula, terutama dalam pemanfaat sensor untuk mendeteksi jalur yang digunakan. selain sensor yang digunakan sebauh mobile robot juga dilengkapi beberapa aktuatorberupa sepasang roda atau bisa jadi lebih, roda-roda ynga  digunakan juga dapat dipilih sesaui kebutuhan.

Robot Omni Wheel, sebuah mobile robot yang dilengkapi sebuah sensor pendeteksi jalur dan roda khusus sebanyak 4 buah yang mampu bergerak dan manufer ke 4 penjuru arah tanpa harus memutar arah dari badan robot tersebut. robot ini dapat melakukan hal tersebut berkat adanya roda yang digunakan dalam robot tersebut. roda-roda yang dipakai memiliki bentuk mekanik sedikit berbeda dengan roda lain pada umumnya, roda ini didesain bentuk lingkaran seperti roda biasa namun diberikan tambahan sub-sub roda pada bagian luarnya, sehingga sistem mekanik tersebut memungkinkan robot untuk bermanufer tanpa harus mengubah posisi badan robot, cukup dengan menggunakan roda tersebut maka robot dapat bebas melakukan manufer.

contoh roda Omni wheel adalah sebagai berikut

omni wheel1omni wheel2

omni-wheels

Untuk Contoh robotnya seperti ini

omni-rover

model dan pergerakkan robot dapat dibuat dan dikembangkan sesaui keahlian dan kreatifitas masing-masing kelebihan dari robot Omni Wheel ini adalah dalam hal manufer atau nafigasi yang lebih mudah dan relatif cepat dibandingkan dengan robot pengikut garis atau dinding lain yang menggunakan roda biasa, semua tergantung dari kemampuan memprogram robot tersebut.

Omni Direction

Contoh gerak  robot omni wheel dapat dilihat ( disini )

semoga bermanfaat dan meng inspirasi… ^^

By:GesangIman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s