Tentang Semut yg Ingin Terbang

semut

Dari judulnya lucu memang, Semut kog pengen bisa terbang?
Sebelumnya rasanya saya pernah menulis judul yang hampir sama cuma lupa apakah sudah di Upload atau belum,heheee..

Semut itu kecil namum memiliki kemampuan yang luar biasa untuk dapat mempertahankan hidupnya. betapa tidak? mereka harus mampu mempertahankan hidupnya ketika banjir melanda, ketika mahkluk lain yang lebih besar ada disekitar mereka yang siap akan meninjak bahkan mungkin memakan mereka. bagaimana semut-semut itu mencari dan mendapatkan makanan, mereka membawa makanan yang ukurannya berkali lipat lebih besar dari tubuh mereka, mereka mampu kembali ke sarang mesikpun berada jauh dari sarang mereka, mereka selalu bekerja sama dan saling berkomunikasi dengan yang lain untuk mempermudah dan menyelesaikan tugas mereka, Luar biasa!!!

semut 2

Lewat antenanya yg berfungsi sebagai hidung dan ujung jari semut meakukan komunikasi,
Semiokemikal adalah nama umum zat kimia yang digunakan semut untuk tujuan menetapkan komunikasi.Pada dasarnya ada dua jenis semiokemikal, yaitu
1. Alomon Merupakan zat yang digunakan untuk komunikasi antargenus.Allomon dipergunakan untuk mengusir predator, membingungkan mangsa, dan memediasiinteraksi simbiotik.
2. FeromonMerupakan isyarat kimiawi yang terutama digunakan dalam genus yang sama dan saatdisekresikan oleh seekor semut dapat dicium oleh yang lain.
Zat kimia ini diduga diproduksidalam kelenjar endokrin. Saat semut menyekresi cairan ini sebagai isyarat, yang lain menangkap pesan lewat bau atau rasa dan menanggapinya. Penelitian mengenai feromon semut telah menyingkapkan bahwa semua isyarat disekresikan menurut kebutuhan koloni. Selain itu, konsentrasi feromon yang disekresikan semut bervariasi menurut kedaruratan situasi. Semut dapat menyekresikan zat ini kapan saja mereka perlu, dan telah melakukannya sejak hari mereka menetas. sungguh luar biasa bukan?..
BEtapa Allah mengaugerahkan sesuatu yg tidak pernah kita fikirkan, Allah menciptakan hambanya dengan sejuta kelebihan agar hambanya mampu melalui setiap rintangan dan cobaan yg menimpanya, hanya saja kita sering kali lupa dan lebih banyak mengeluh sehingga menutup mata hati kita  untuk melihat kebesaran Allah. Kita menjadi manusia yg hanya mampu menyalakan keadaan tanpa mau melihat kelebihan-kelebihan yang kita miliki. Setiap orang memiliki kesempatan yg sama untuk dapat sampai pd tujuan hidupnya, untuk menggapai apa yg ia citakan. Tentu tujuan hidup yg hakiki bukanlah sekedar kenikmatan yg ada didunia ini, akan tetapi tujuan yg sebenar-benarnya adalah bagaimana diri ini menjadi pribadi yg paling mulia dihadapan Allah.
Cerita semut yg ingin terbang ini sebenarnya hanya kiasan saja, suatu hari saya dan seorang sahabat pernah bermimpi, maka mimpi saya adalah seperti seekor semut kecil yg berharap mampu membuat dirinya terbang bebas diangkasa? Sahabat saya lantas menayakan, “Bagaimana mungkin semut bisa terbang, gimana caranya??” Sulit memang jika hanya dibanyangkan saja, tapi saya yakin pasti bisa. Saya bukanlah siapa-siapa hanya orang biasa yg amat bersyukur diberikesempatan untuk dapat bermimpi dan jg diberi kemampuan untuk terus berusaha dan berusaha tanpa pernah berputus asa. Ketahuilah bahwa sesungguhnya ketika kita berproses menuju mimpi yg kita citakan, disitu Allah memberikan ujian2, tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa sabar diri kita berproses didalamnya, seberapa besar usaha dan ihtiar yg kita lalukan untuk menyelesaikan semua itu, sampai Allah merasa bahwa kita pantas untuk mendapatkan apa yang kita impikan dan usahakan. mungkin seringkali apa yg kita harapkan tidak sesuai dengan apa yang kita dapatkan, hasilnya tidak sesuai dengan apa yang sudah kita usahakan, menurut pandangan kita. Namun jika kita berproses secara benar sesuai tuntunan Allah maka ketika kita mendapatkan hasil yg tidak sesuai harapan disitu kita akan belajar tentang ke Iklasan dan Tawakal kepada Allah.
Mungkin saya belum sampai pada mimpi dan tujuan hidup yang sebenarnya, namun saya merasa memiliki harapan yang lebih, merasa lebih baik dari pada hari-hari sebelumnya, semua itu adalah hasil dari proses dan karunia dari Allah, dan harapan menjadi semut yang dapat terbang menjadi motivasi bagi diri ini untuk:
Tidak pernah menyerah,
Terus percaya dan berusaha,
Bahwa Allah maha dekat,
Allah Maha Memudahkan,
Allah Maha Kuasa atas apa yg terjadi didunia ini,
Tidak satupun terjadi tanpa kehendak NYA.
Mari terus bergerak dan berproses, semoga Allah menganugerahkan kita kesabaran, sehingga kita senantiasa bersabar dalam menyelesaikan proses yg Allah tetapkan dan sampai pada tujuan yang Allah harapkan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s