Step by step Mengatur komentar wordpress

sebagai pemula pengguna wordpress wajar kalau belum tahu seluk beluk wordpress, bingung dapat messsange di Email tp diliat di wordpress kog g muncul, wah orang jail nih pikir saya, ternyata bener,,, ^^
disini sedikit cara Mengatur komentar wordpress diambil dari postingan orang, soalnya saya jg baru tahu,heheeee…

Screen Shot 2013-05-20 at 3.36.29 PM

1. login terlebih dahulu ke akun wordpress anda, klik menu setting, discussion, maka akan tampil pengaturan discussion :

mengatur komentar wordpress

2. Pada tulisan break comment into page with isikan dengan jumlah komentar yang yang ingin di tampilkan, pada pilihan sebelah kanan, last/first, pilih apakah akan di tampilkan 2 komentar terakhir=last, atau di tampilan hanya 2 komentar awal=first, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan dengan cara scroll kebawah dan klik save changes untuk menyetujui pengaturan, kini jumlah komentar yang di tampilkan hanya 2 saja yang terlihat, pengaturan tersebut hanya menyembunyikan komentar bukan menghapusnya, apabila ingin melihat komentar yang lain pembaca anda tinggal meng-klik older comment di bawah kolom komentar.

Mengatur komentar wordpress untuk Pengaturan apakah komentar langsung dimunculkan atau di tahan untuk di moderasi

Ada 2 cara mengatur komentar wordpress yang di umumnya di lakukan oleh admin blogger terhadap para pengunjungnya, apakah komentar langsung di munculkan pada kolom komentar atau di tahan dulu untuk di setujui penulis (comment held for moderation), pilihan ini tergantung dari style anda sendiri, untuk menyenangkan pengunjung anda bisa langsung memunculkan komentarnya di kolom komentar namun resikonya apabila ada yang komentar tidak sepantasnya maka komentar tersebut langsung tampil dan dapat langsung terbaca oleh pengunjung yang lain.

Anda juga bisa mengatur komentar tidak langsung dimunculkan (comment held for moderation) namun biasanya pengunjung menjadi kurang senang sehingga keburu kabur, karena harus menunggu komentarnya di setujui terlebih dahulu sebelum di munculkan di kolom komentar, sehingga menjadi segan untuk memberikan komentar di postingan yang lain.

Up to you, berikut ini cara mengatur komentar wordpress untuk held for moderation :

1. Untuk mengatur komentar wordpress held moderation seperti cara di atas login terlebih dahulu ke akun wordpress anda, selanjutnya pada menu setting klik discussion, pilih before a comment appears

mengatur komentar wordpress

2. Secara default tulisan mengatur komentar wordpress adalah  ”comment author must have a previously approve comment”, hilangkan tanda centang tersebut agar comment langsung di munculkan, atau biarkan tanda centang agar komentar di tahan dulu untuk disetujui oleh author, kenapa ada 2 pengaturan pada before a comment appears ? sebenarnya sama saja tujuannya, hanya bedanya pengaturan tersebut di buat dengan peranggapan anda memiliki beberapa penulis (author) selain admin itu sendiri,  pilihan pertama “An administrator must always approve the comment” artinya pemilik blog yang mempunyai hak administrator mempunyai hak penuh untuk menyetujui terlebih dahulu komentar yang masuk”,  pada pilihan ke-2 “comment author must have ap previously approved comment, artinya penulis (author) berhak memunculkan postingan tersebut secara langsung, apabila ada komentar yang masuk.

Bagaimana bila kedua-nya di berikan tanda centang ?, itu artinya baik author atau admin harus sama-sama menyetujui komentar yang masuk sebelum komentar tersebut di munculkan, jadi apabila anda penulis tunggal, klik salah satu saja sudah cukup untuk menahan komentar terlebih dahulu. mau klik dua-duanya ? juga tidak masalah karena anda penulis tunggal dan juga pemilik blog

Mengatur komentar wordpress untuk Pengaturan kata-kata yang tidak di perbolehkan atau spam

Secara lebih lanjut anda juga bisa mengatur untuk mengatur komentar kata-kata apa saja yang tidak boleh terkandung dalam suatu komentar , boleh atau tidaknya ada suatu links atau mengatur  untuk menahan secara otomatis atau memasukkan ke dalam daftar spam secara otomatis apabila ada  kata-kata yang tidak di perbolehkan dalam komentar, cara ini cukup efektif bagi pemilik blog yang mengatur agar komentar langsung dimunculkan namun menghendaki clean comment, berikut ini untuk lebih jelasnya :

1. Masih dalam pengaturan disscussion lihat pada pilihan comment moderation, dan comment blacklist

mengatur komentar wordpress

Pada comment moderation, hold a commetn in the queue if contains, tentukan angka yang anda kehendaki untuk menahan suatu komentar yang mengandung links lebih dari angka yang di tentukan, secara default di atur 2, jadi apabila ada komentar yang menambahkan 2 atau lebih links, maka secara otomatis akan di tahan untuk menunggu persetujuan anda, apabila anda atur 1 artinya setiap komentar yang menyertakan links akan selalu di tahan untuk menunggu moderasi dari author atau admin.

pada kolom comment moderation selain mengatur links, anda juga bisa menambahkan kata kata yang tidak di kehendaki yang terkandung dalam suatu comment, misalnya apabila anda tidak menghendaki komentar yang menyertakan alamat email maka tambahkan kata email yang tidak anda kehendaki kemudian batasi dengan koma kata apalagi yang perlu di tahan, demikian seterusnya, cara ini efektif untuk menahan spam yang masuk.

Pada comment blacklist, tambahkan kata-kata yang tidak di perbolehkan masuk, kata katanya bisa apa saja yang anda kehendaki, atau URL, ataupun email, batasi dengan koma setiap ada kata-kata yang ingin di masukkan dalam daftar, maka apabila ada comment blacklist secara otomatis akan di masukkan dalam daftar spam, bukan di tahan lagi untuk di moderasi namun langsung di buang ke dalam daftar spam. klik save changes untuk menyimpan perubahan mengatur komentar.

Mengatur komentar wordpress untuk Pengaturan Icon Gravatar

Gravatar merupakan pelayanan dari automattic.com yang memiliki kepanjangan “Globally Recognized Avatar”, setelah anda mendaftar ke situs gravatar.com dan dalam keadaan login, maka pada saat berkomentar maka gambar yang anda upload akan dimunculkan disamping komentar, bagaimana apabila belum login gravatar ? secara otomatis default gambar akan dimunculkan oleh wordpress, sementara ini ada 7 gambar standar yang bisa di pilih oleh anda, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, namun bila tidak menyukai pilihan gambar yang ada karena jelek-jelek anda bisa menambahkan gambar sendiri seperti yang penulis miliki, anda bisa membaca caranya pada postingan saya tentang membuat custom gravatar :

mengatur komentar wordpress

Mengatur komentar wordpress untuk Mengganti kata-kata Leave a Reaply

Leave a Reaply merupakan standar kata-kata tinggalkan komentar dari wordpress dalam mengatur komentar, apabila anda tidak menghendaki anda bisa menggantinya dengan kata-kata lain, misalnya tinggalkan komentar, komentar donk,  komentar woiii, silahkan berkomentar, dan lain sebagainya, klik save changes untuk menyimpan perubahan mengatur komentar.

mengatur komentar wordpress

Referensi : http://widyainfo.com/

15 thoughts on “Step by step Mengatur komentar wordpress

  1. thanks infonya gan. sangat bermanfaat bagi ane yang nubie. kunjungan balik dipersilakan gan. mohon kritik dan sarannya buat blog ane juga. ihsc333.wordpress.com

    • coba dibagian setting discussion, “E-mail me whenever” bs di checklist semua dan bagian avatarnya bs disetting sesuai keinginan (scroll kebawah)

    • Komentar biasanya akan sesuai dengan ini dalam blog,
      Kl Spam mungkin tidak akn ditampilkan tp jika orang iseng mungkin harus rajin Delete-in yg tidak sesuai..🙂

  2. saking banyaknya setting di wordpress jadi kadang bingung juga nyari yang simpel simpel begini.
    thanks for sharing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s