Mudik Asyik

Screen Shot 2013-08-16 at 1.53.42 PM

Lebaran di Indonesia identik dengan mudik, tidak mudik artinya tidak lebaran, Lebaran jadi kurang asyik karena tidak bisa berkumpul dengan keluarga dan sana saudara. Mudik menjadi tradisi di negara ini karena banyak warga yang meniggalkan kampung halaman selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk sekedar memenuhi kebutuhan keluarga maupun untuk mencari ilmu di luar kota bahkan luar pulau. begitulah meskipun esensi lebaran bukanlah masalah berkumpul dengan keluarga namun tanpa itu rasanya emang kurang Pas, Seperti gula tanpa semut, jadi gak rame,heheee….

Setiap lebaran saya wajib mudik, walaupun harga tiket selangit, macetnyanya minta ampun, mudik tetap asyik. Kebetulan karena saya punya motor sendiri jadi mudik pakai motor, jaraknya cukup jauh, menurut mBah Google Map  Jaraknya sekitar 450Km. wuiiiih kalau naik motor pasti ampe gempor terus-terusan  diatas motor tuh.  Kalau dihitung rata-rata kecepatan motor 60Km/jam maka kurang lebih 8jam harusnya sudah sampai di rumah, ya tapi kenyataannya perjalanan itu tidak semulus perhitungan, motornya butuh istirahat sob, apalagi orangnya, minimal 4-5 kali istirahat dengan durasi 30menit. belum kecepatan motor yang melambat karena arus yang padat. wah paling cepet 13jam , kalau macet parah 16jam baru sampai dirumah sob, Luar biasa…. ^^

This slideshow requires JavaScript.

Agar mudik jadi tambah asyik maka perlu banyak yang disiapkan, salah satunya ini :

1. Cek kondisi Motor

– Ban dalam dan luar dicek, kalau perlu diganti sekalian.
– Rem depan dan belakang, pastikan tidak ada masalah terutama kanvas rem
– Cek KOndisi rantai (kekencangan dan pelumasan)
– Servis dan  ganti Oli
– Kondisi baut atau body yg loanggar bisa mengganggu perjalanan karen brisik kena getaran, baiknya di benerin.
– Spion Motor, walaupun spele tapi sangat bermanfaat untuk belokan atau nyelip-nyelip bisa liat kendaraan di belakang.
– Cek kondisi lampu dan tlakson

2. Cek kesehatan diri

– Tidak sedang sakit atau mengantuk
– Saat puasa sebenarnya tidak masalah bila melakukan perjalanan jauh, tapi bila tidak kuat tidak masalah untuk membatalakan puasanya.
– Tidak berlebihan makan karena akan mengakibatkan mengantuk,
– Bagi yang  berpuasa tidak masalah memakan supleman atau vitamin saat sahur agar lebih yakin dan tambah kuat saat perjalanan

3. Siapin obat-obatan dan perbekalan yang cukup

4. Tidak membawa barang yang berlebihan

5. Gunakan pakaian yang longgar, jacket, rompi, pelindung lutut dan tangan, masker dan sarung tanggan sangat penting, juga sepatu dan kaos kaki.  (“maaf ,lebih baik tidak menggunakan celana dalam”)

6. Agar lebih asyik sempatkan untuk membawa kamera/handycam untuk merekam beberapa hal menarik atau kejadian lucu ataupun tempat yang anda lewati, bisa dilakukan saat istirahat selama perjalanan atau sengaja berhenti untuk mengabadikan moment tertentu.

Untuk masalah rute tergantung tujuan masing-masing, yang jelas jika lewat selatan hawanya lebih sejuk karena banyak pegunungan dan pepohonan, tapi lewat sealatan biasanya akan sering ketemu dengan kemacetan yang puanjaaaaanng dan cepet lelah karena jalan yang berkelo-kelok. Kalau lewat Pantura panas, jalannya bergelombang, tapi rame lancar dan banyak temenya setelah di Paliamanan Cirebon karena pertemuan antara pemudik dari Jakarta dan Bandung.

Perjalanan jauh sunggu melelahkan, tidak perlu terburu-buru untuk sampai tujuan, tujuannya adalah sampai dirumah dengan selamat, karena keluarga menanti kedatangan kita dari jauh. Selamat Mudik, selamat berlebaran semoga selamat sampai tujuan. Lebaran Mudik- Lebaran Asyik.
Bersiap Mudik tahun Depan dengan bawa Boncegan… ^^

Mohon Maaf Lahir dan Batin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s