Dasar HTML

Definisi HTML
HTML adalah sebuah bahasa untuk menampilkan halaman sebuah website. HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML bukan termasuk dalam bahasa pemrograman, tetapi HTML adalah “markup language“, “markup language” ini merupakan sekumpulan “tag“. “tag” inilah yang digunakan untuk menampilkan halaman website dalam tampilan tertentu.

Tag HTML
Tag adalah teks khusus (markup) yang terdiri dari nama tag yang diapit oleh karakter “<” (tanda lebih kecil) dan “>” (tanda lebih besar). Contoh tag: adalah tag dengan nama tag body. Tag umumnya ditulis secara pasangan yaitu tag pembuka dan tag penutup. Contoh tag pembuka :dan tag penutup(ditambah tanda “/”).
Tag HTML tidak bersifat case sensitive, maksudnya tag HTML tidak membedakan huruf besar/katipal dan huruf kecil. Jadi anda bisa menggunakan huruf kapital atau pun huruf kecil ketika menuliskan tag HTML. Misalnya menuliskandenganmaka hasilnya akan sama saja. Namun walaupun begitu, akan lebih bagus jika kita konsisten memilih salah satu saja untuk semua tag di halaman HTML yang kita buat.

Web Browser dan Dokumen HTML
Web browser adalah aplikasi atau software yang digunakan untuk menampilkan halaman website. Contoh web browser adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lainnya. Web browser memiliki tugas untuk membaca dokumen HTML dan menampilkan sebagai halaman website. Web browser tidak menampilkan tag HTML tetapi menggunakan tag HTML untuk menampilkan isi dari halaman HTML tersebut.
Dokumen HTML sendiri terdiri dari tag-tag HTML dan teks biasa. Jadi dokumen HTML bisa disamakan dengan halaman website. Artinya dokumen HTML juga bisa disebut dengan halaman website.

Ekstensi HTML atau HTM?
Dokumen HTML ada yang disimpan dengan ektensi HTM dan HTML. Mungkin ketika anda mencoba latihan membuat HTML sederhana anda pernah bingung, apakah harus disimpan dengan ekstensi “htm” atau “html”. Sebenarnya sama saja, tidak ada pengaruhnya pada halaman HTML anda antara ektensi “htm” atau pun “html”, jadi anda bebas memilihnya. Tapi disarankan anda konsisten dengan memilih salah satu untuk mempermudah mengingat nama file. Karena misalnya ketika memanggil file tertentu agar anda tidak salah mengetikkannya.
Untuk diketahui bahwa pada awalnya ektensi “htm” digunakan karena berbagai sistem dan software hanya mengijinkan 3 digit/karakter untuk dijadikan ekstensi sebuah file/dokumen. Tapi untuk saat ini, kita sudah dapat menggunakan ekstensi “html” sebagai ekstensi file/dokumen HTML.

Struktur HTML
Setiap halaman website atau dokumen HTML yang baik pada umumnya memiliki struktur tertentu. Secara umum dokumen HTML memiliki struktur yang dibagi menjadi 3 yaitu : HTML, HEAD, BODY. Secara struktur HTML akan terdiri dari dua bagian utama yaitu HEAD dan BODY. Memang dianalogikan seperti manusia yang memiliki kepala dan badan.
Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan ilustrasi berikut ini :

Struktur HTML

Tag
Adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter “<” dan “>”, sebagai contohadalah tag dengan nama body.
Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter “/” setelah karakter “<“), sebagai contohini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, danini adalah tag penutup isi dokumen HTML.

Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana:

ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTMLini adalah tag penutup judul dokumen HTML

Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML, tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya.
Contoh penulisan tag-tag yang benar

Element TITLE
Merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tagdan tagterletak di antara tagdan tag.

Element BODY
Element ini untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tagdan tagterletak di bawah tagdan tag.
Element BODY mempunyai attribute-attribute yang menspesifikasikan khususnya warna dan latarbelakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser.

Attribute text memberikan warna pada teks, bgcolor memberikan warna pada latarbelakang dokumen HTML, background memberikan latarbelakang dokumen HTML dalam bentuk gambar, link memberikan nilai warna untuk link, alink memberikan warna untuk link yang sedang aktif, vlink memberikan warna untuk link yang telah dikunjungi.
Jika attribute bgcolor dan background keduanya dispesifikasikan maka attribute background yang akan digunakan, akan tetapi jika nilai attribute background (gambar) tidak ditemukan pada dokumen HTML maka attribute bgcolor yang akan digunakan.

Latihan1
<html>
<head>
<title>Latihan1</title>
</head>
<body text=”red”>
Belajar bahasa pemrograman web ternyata mudah juga🙂
</body>
</html>
Latihan 2:
Merubah background dengan suatu gambar

<html>
<head>
<title>Latihan2</title>
</head>
<body text=”red” bgcolor=”aqua” background=”./images/image027.jpg”>
Belajar bahasa pemrograman web ternyata mudah juga🙂
</body>
</html>
image027.jpg = nama file gambar (letakkan satu folder dengan file utama)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s