Instalasi LAN

Jaringan lokal (LAN)

Jaringan lokal lebih dikenal dengan Local Area Network (LAN). Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer (workstation) dalam suatu perusahaan yang menggunakan peralatan bersama dan saling bertukar informasi. Jaringan ini dibagi menjadi dua, yakni Broadband LAN dan Baseband LAN. Untuk Broadband LAN, satu kabel dapat digunakan untuk lebih dari satu saluran. Sedangkan untuk Baseband LAN, satu kabel digunakan hanya untuk satu buah saluran untuk menunjang transmisi digital yang lebih cepat.

LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Secara umum, jaringan LAN terbagi atas lima jenis topologi jaringan, yang akan dipaparkan lebih lanjut dibawah ini:

  • Topologi point to point

Topologi jenis ini merupakan topologi jaringan LAN yang paling sederhana, yakni dengan menghubungkan dua node yang terpisah.

  • Topologi bus

Pada topologi jaringan LAN jenis ini digunakan suatu kabel tunggal yang akan berperan sebagai pusat dari seluruh workstation dan server yang dihubungkan. Kelebihannya terletak pada kemudahan dalam penambahan workstation dimana tidak akan mengganggu work station lain, namun jika terjadi gangguan pada kabel pusat maka seluruh work station yang terpasang pada jaringan tersebut akan turut terkena dampaknya.

  • Topologi star

Seperti namanya, topologi ini berbentuk seperti bintang dimana terdapat sebuah node yang terletak di tengah-tengah node-node yang mengelilinginya.

  • Topologi ring atau circular

Topologi jaringan LAN yang berbentuk menyerupai cincin ini memiliki node yang terhubung dengan dua buah node lainnya sehingga membentuk jaringan melingkar. Topologi jaringan LAN ini lebih hemat dalam penggunaan kabel jika dibandingkan dengan topologi lainnya serta tidak mudah terjadi tabrakan pada saat pengiriman data karena dalam satu waktu hanya satu node saja yang dapat mengirimkan data. Kekurangannya ialah jika satu node mengalami gangguan maka seluruh komunikasi data yang tercakup pada jaringan tersebut akan ikut terganggu sehingga pengembangannya kurang fleksibel.

  • Topologi mesh

Ada dua jenis topologi mesh, yaitu partially connected dimana node akan terhubung kepada lebih dari satu node yang lain dan fully connected yang berarti seluruh node saling terhubung satu dan lainnya

Seluruh topologi jaringan LAN ini akan maksimal jika digunakan sesuai dengan kebutuhan bangunan tempat jaringan tersebut akan dipasang.

Slide Pertemuan ke-2 dapat di download disini Pertemuan 2- Instalasi LAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s