TCP/IP

d79ab-tpc-ip

Adalah :
Aturan-aturan dan perjanjian yang mengatur pertukaran informasi antar komputer
mendefinisikan:
Syntax : susunan, format, dan pola bit serta bytes
Semantics : Kendali sistem dan konteks informasi (pengertian yang dikandung oleh pola bit dan bytes)

Mengapa perlu protocol suite?
Menangani beragam masalah yang timbul ketika mesin berkomunikasi melalui suatu jaringan data
– Hardware failure
– Network congestion
– Packet delay or loss
– Data corruption
– Data duplication or inverted arrivals
Akan sangat kompleks membuat satu protokol tunggal yang menangani masalah-masalah di atas

TCP/IP berkaitan dengan pengalamatan komputer dalam jaringan, dimana dalam sebuah pengiriman paket data diperlukan adanya format pengiriman dan tujuan yang harus dicapai oleh paket data tersebut, maka ddisini diperlukan sebuah protokol TCP/IP yang menangani masalah pengiriman data dari satu komputer kekomputer lain.

TCP/IP sebagai protokol jaringan Internet adalah sebagian besar karena kemampuan untuk menghubungkan bersama jaringan sistem dari berbagai jenis dan ukuran yang berbeda. Jaringan ini sembarangan ditetapkan ke tiga kelas utama (bersama beberapa lainnya) yang memiliki standar ukuran, yang dapat dibagi menjadi lebih kecil Subnetwork oleh administrator sistem. Subnet mask digunakan untuk membagi alamat IP menjadi dua bagian. Salah satu bagian mengidentifikasi host (komputer), Bagian lain mengidentifikasi jaringan yang dimiliki. Untuk lebih memahami cara kerja alamat IP dan subnet mask, Lihatlah alamat IP (Internet Protocol) dan lihat cara mengaturnya.

Standar TCP/IP adalah menggunakan 7OSI Layer yang memperesentasikan bentuk proses interaksi komunikasi data dalam jaringan, bentuk OSI Layer sebagai berikut:

OSI LayerKeterangan DAN FUNGSI ;
Application Layer:

Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna.  Layer  ini  bertanggungjawab  atas pertukaran  informasi  antara  program  komputer, seperti program e‐mail, dan service lain yang jalan di  jaringan,  seperti  server  printer  atau  aplikasi komputer lainnya

Presentation Layer

Bertanggung jawab bagaimanadata dikonversi dan diformat untuk  transfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen, .gif  dan  JPG  untuk  gambar.  Layer  ini membentuk kode  konversi,  translasi  data,  enkripsi  dan konversi.

Sesion Layer

Menentukan  bagaimana  dua  terminal  menjaga,  memelihara  dan  mengatur koneksi,‐  bagaimana  mereka  saling  berhubungan satu  sama  lain.  Koneksi  di  layer  ini  disebut “session”.

Transport Layer

Transport layer bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika “end – to _ end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error (error handling) Berfungsi untuk memecahkan data kedalam paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang telah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement) dan mentransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang di tengah jalan.

Network Layer

Network layer bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, menjaga antrian tafik di jaringan. Data pada layer ini berbentuk “Paket”. Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat Header untuk paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internet-working dengan menggunakan router dan switch layer 3.

Data LINK

Data link layer menyediakan link untuk data. Memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan “hardware” kemudian diangkut melalui media komunikasinya dengan kartu jaringan, mengatur komunikasi layer physical antara system koneksi dengan penaganan error. Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras( seperti halnya di Media Access Control Address ( MAC Address), dan menetukan bagaimna perangkat perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level; ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC)dan lapisan Media Access Control (MAC).

Physical Layer

Physical layer bertyanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media (seperti kabel) dan menjaga koneksi fisik antar system. Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau token Ring), topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Networl Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

materi Lengkapnya dapa didownload 3. Protokol Jaringan Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s