Membuat Sistem minimum AVR

Banyak sekali mikro kontroler yang ada dipasaran, namun menurut saya mikrokontroler AVR terutama di Indonesia lebih banyak dijual dipasaran dan sering digunakan di tingkat akademisi. AVR masih sangat populer jika dibandingkan dengan keluarga Microchip murni maupun yang telah diberi downloader seperti picaxe maupun basic stamp. selain mudah menemukan dipasaran, AVR memiliki pilihan pemrograman yang beragam, mulai dari bahasa assembler, C, maupun bahasa Basic.

terlepas dari kelebihan diatas, hal lain yang tidak kalah penting adalah banyaknya tutorial pemrograman dalam bentuk aplikatif serta kemudahan untuk mengembangkan aplikasi tersebut. ketika pertama ingin membuat aplikasi dari mikroprosesor AVR tentunya harus tahu terlebih dahulu bentuk rangkaian sistem minimum AVR serta downloader yang digunakan untuk memasukkan program kedalam mikrokontroler. Bailah kita bahas satu persatu bagaimana membuat sebuah sistem minimum AVR.

1. Menentukan spesifikasi mikrokontroler
2. Membuat schematict
3. Mengumpulkan komponen dan Integrasi

Setelah selesai membuat sebuah sistem minimum, langkah selanjutnya adalah membuat program yang akan dimasukkan kedalam mikrokontroler. disini kita gunakan software pemrograman Bascom AVR, dapat dibaca disini bagi yang belum tahu bagai mana menggunakan sowtware Bascom AVR. untuk memasukkan program kedalam mikrokontroler diperlukan sebuah alat bernapa ISP programmer, yang berfungsi mentransfer program Hex yang telah di-compail oleh komputer kedalam mikrokontroler. ISP programmer jenisnya bermacam-macam, sementara Bascom AVR sendiri memiliki banyak pilihan ISP yang compateble dengan Bascom AVR. dapat dilihat di menu Options –> Programmer 

Screen Shot 2014-09-24 at 11.15.06 AM

Screen Shot 2014-09-24 at 11.16.59 AM

Selain menggunakan ISP bawaan dari bascom AVR, masih banyak lagi cara untuk memasukkan program kedalam mikrontroler seperti memanfaatkan komunikasi paralel serta komunikasi serial. beberapa ISP yang ada dipasaran antara lain AVR ISP, AVR USBaps dengan firmware yang berbeda2 namum tujuannya sma yaitu memasukkan program .hex kedalam chip AVR. ISP downloader dapat dibuat sendiri atau pun bisa didapat di Plaza maupun toko robot Online.

Setelah Memiliki ISP downloader kita butuh sebuah mikrokontroler yang akan digunakan untuk diprogram dan menjalankan algoritma yang kita buat, Jenisnya beragam yang umum dipasaran dan paling sering digunakan adalah ATmega8535 atau ATmega8/16/32, ATmega64/128. untuk membuat sebuah sistem minimum yang perlukan adalah

a. IC mikrokontroler (ATmega8535)
b. Sebuah Crystal komponen untuk pewaktuan (4Mhz atau 8Mhz)
c. Kapasitor(22pF) @2, 100nF dan resistor 10K
d. Button reset
e. ISP downloder
f. Power suplay 5VDC

Semua komponen dapat dirangkai menggunakan projectBoard, PCB berlubang atau juga langsung menggunakan PCB cetak yang sebelumnya digambar terlebih dahulu.

Sistem Minimum AVR 8535

ISP Downloader Konektor

Pastikan semua komponen dan kabel tersambung sesuai posisi, kemudian berikan poser suplay pada VCC= positif 5V dan GND=Negatif. Board sudah siap digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s