Agar Keyakinan Tetap Menyala

Apa artinya berdoa jika tanpa keyakinan dan pengharapan?

Apa bisa doa terkabulkan tanpa adanya keyakinan dalam hati bahwa doa itu akan di kabulkan?

ingkatkah bahwa Doa adalah senjata orang-orang mukmin?

Ingkatkah bahwa prasangka Allah sesuai dengan prasangka Hamba-Nya?

Ingkatkah tentang firman Alloh: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. al-Baqarah [2]: 186)

Sadarkah bahwa setiap perkataan yang kita ucapkan adalah bagian dari doa?

Tatkala doa yang terus dipanjatkan tak juga terpenuhi,  sementar segala usaha telah diupayakan, semakin lama semakin terasa kelu lidah ini meminta, terasa lelah badan ini untuk terus memohon dan air mata pengharapan telah berubah kepasrahan, Sedangkan doa-doa yang kita panjatkan sudah sangat lama sekali, sementara hati semakin gelisah, beban terasa berat dipundak dan hati terasa pedih menanggung cobaan yang ada, apakah Alloh tetap tidak akan mengabulkan doa kita, berapa lama lagi kita harus menunggu?

Maka disitulah sesungguhnya kebesaran Alloh, tidak semua doa-doa langsung diijabah, Mungkin Alloh ingin tahu seberapa besar ketulusan kita, seberapa sabar kita menunggu dikabulkannya doa, seberapa ikhlas kita memohon padaNya. Kata seorang ustadz “Allah ingin menunjukkan siapa hamba dan siapa Robbnya,”

Teruslah meminta, teruslah memohon tanpa ragu dan tak menyerah.

Bahwa hati manusia senantiasa mudah untuk berubah, maka hanya dengan keyakinan yang teguh akan mendatangkan kekuatan pada diri ini, menjadikan diri tetap bergantung pada Sang Illahi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s